Senin, 02 Desember 2013

Apakah kamu bahagia ?


Bahagia, banyak definisi yang diberikan untuk satu kata tersebut, ada yang menyebutkan bahagia adalah perasaan senang, tentram, bebas dan lepas, lega, menggembirakan. Tapi pernakah kita melihat arti bahagia itu sendiri di dalam kamus besar bahasa Indonesia ?. Ya, baru saja saya melihat arti kata bahagia dalam kamus besar bahasa Indonesia. Menurut saya sungguh menarik kalimat penjelas yang ada di dalam kamus tersebut, bahagia dalam kamus tersebut diartikan keadaan atau perasaan senang dan tentram, namun ada penjelasan lagi bahwa senang dan tentram tersebut yaitu dunia dan akhirat :). Sontak saya terperangah, ternyata agamis juga penyusun/editor kamus besar bahasa Indonesia ini.

Jadi apakah definisi bahagia itu menurut teman-teman sekalian ?

Saya yakin pasti ada beberapa diantara kita yang menilai porsi lebih dari bahagia dengan materi, ada yang menilait porsi lebih dari bahagia itu dengan jenjang karir,  dan ada juga yang hanya menilai porsi lebih dari bahagia dengan ketenangan hati. Pernahkah kita sadari seperti apapun kita menilai kebahagiaan kita, kita hanya mendapatkan salah satunya saja. Sebagai contoh diri saya sendiri, saat ini saya bahagia namun kebahagiaan saya lebih kepada ketenangan hati saya, kenapa seperti itu ?. Saya adalah seorang PNS sejak tahun 2006 saya bekerja di ibu kota/ Jakarta. Istri saya juga seorang PNS dan sejak tahun yang sama (2006) juga bekerja di jakarta. Sejak pertengahan tahun 2013 sampai sekarang, saya dan istri dipindah tugas ke Yogyakarta saat itulah saya merasakan kebahagiaan tersebut. Kenapa saya bahagia ?, yak jawabannya sangat sederhana, di tempat dinas yang baru ini (yogyakarta) saya memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga saya, terutama dengan anak-anak saya, saya dapat dengan mudah mengatur jadwal saya, saya dapat dengan mudah melakukan hal-hal yang dulu tidak sempat saya lakukan di jakarta. Semuanya itu juga ada konsekuensinya, jika dijakarta saya bisa mendapatkan penghasilan ekstra dari kesibukkan saya, di yogyakarta peluang untuk mendapatkan penghasilan ekstra tersebut agak sulit untuk didapatkan. Jadi secara materi tidak ada keuntungannya bagi. Dari segi profesi dan kepuasan, di tempat dinas saat ini agak sulit untuk terlihat oleh atasan, sulit untuk terlihat menonjol dan memperlihatkan etos kerja yang tinggi, so..jangan harap sering dapat pujian dan kredit dari prestasi yang kita lakukan.

Tapi apakah kalian tau..., saat inilah saya merasa bahagia, sebelumnya walaupun materi berkecukupan saya tidak pernah merasa sebagahagia saat ini. soo...bahagia itu berbeda-beda, jadi apakah kebahagiaan itu menurut anda ?

Terlepas dari semua hal tersebut, sudah sepatutnya kita selalu bersyukur atas semua yang diberikan oleh-Nya, dan paling penting janganlah sekali-kali lupa akan pemberian-Nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar